PEMODELAN DALAM PENYELESAIAN SUATU PERMASALAHAN MATEMATIKA


Pengertian Pemodelan Matematika merupakan salah satu tahap dari pemecahan masalah matematika. Pemodelan Matematika kadang-kadang dipandang sebagai sebuah seni. Ini melibatkan mengambil pengetahuan apa pun yang mungkin kita miliki dalam matematika dan menggunakan pengetahuan itu untuk menciptakan sesuatu. Hal ini didasarkan karena setiap orang memiliki basis pengetahuan yang berbeda-beda dan cara memandang masalah. Orang yang berbeda mungkin mempunyai model yang berbeda untuk sistem yang sama. Biasanya ada banyak ruang untuk perdebatan tentang model mana yang terbaik.

Pemodelan matematika dapat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang lebih kompleks ataupun dalam perencanaan untuk masa depan. Pemodelan matematika sebagai konstruk matematika yang dirancang untuk mempelajari sistem dunia nyata tertentu atau perilaku yang menarik. Proses pemodelan suatu permasalahan matematika perlu memperhatikan beberapa hal diantaranya keakuratan, kefleksibelan, dan menekan biaya tinggi (untuk pemodelan dalam ekonomi). Adapun tahap-tahap dalam pemodelan matematika ( Klik disini) adalah:

1.      Identifikasi masalah

2.      Asumsi

3.      Manipulasi secara matematis

4.      Verifikasi model

5.      Implementasi model
  Berikut ini adalah contoh pemodelan matematika yang saya kumpulkan saat kuliah seminar matematika:

       1.  Menentukan berat suatu ikan tanpa menggunakan timbangan (by: Sentana Putra) 
       2.     Vehicular Stopping Distance  (by: Suwiasa I Wayan )

Dokumen di atas masih dalam bentuk bahasa Inggris, jadi sahabat SMILE harus translate dulu jika ingin ke dalam bentuk bahasa lain. Semoga bermanfaat, Keep Your SMILE, :-)





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar