KOMUNIKASI PRIA DI MATA WANITA




       Oke,, sahabat SMILE, sekarang saya ingin memaparkan bagaimana pribadi pria di mata wanita dilihat dari segi cara berkomunikasi mereka. Berikut ulasannya,
          Banyak pria usia muda dikondisikan untuk menyembunyikan perasaan mereka. Pria-pria ini jarang bertindak berdasarkan perasaan dan semangat dari dalam diri. Mereka tidak mengenal diri ataupun juga aspirasi mereka. Bagi pria-pria ini, menjadi seorang pria adalah hidup penuh kepura-puraan.  Perlahan segalanya mulai berubah. Pria mulai menjalin kontak dengan dirinya sendiri dan orang lain dalam tingkatan yang lebih dalam dibanding sebelumnya. Mereka menyadari bahwa menunjukkan perasaan bukanlah hal yang buruk.  

Pria Berpikir Secara Berbeda
          Biasanya pikiran dan cara pria berkomunikasi berbeda dengan wanita. Bukan berarti cara yang satu lebih baik dari lainnya, hanya saja ada perbedaan-perbedaan yang perlu diterima dan dihargai. Pria harus bisa mengembangkan keterampilan berkomunikasi dengan lebih baik jika memahaminya. Dan jika wanita memahami cara pria berkomunikasi, mereka bisa berkomunikasi dengan bahasa pria juga.
          Akhir-akhir ini masalah perbedaan antara otak pria dan wanita mulai mengemuka ke ruang-ruang diskusi. Sepertinya hormon - hormon dalam kandunganlah yang menyebabkan masalah sifat pria atau wanita pada otak. Lebih lanjut, cara otak berkembang memengaruhi perasaan, komunikasi, keberhasilan, dan kemampuan belajar kita. Nah, apa saja perbedaannya? 
          Secara garis besar, kaum pria :
1.     Memiliki kemampuan mendengar lebih rendah dibanding wanita
2.    Lebih menyukai warna merah ketimbang biru
3.    Lebih menyukai pikiran yang abstrak dan general, sementara wanita lebih menyukai masaah praktis dan tugas yang sifatnya individual.
4.    Memiliki kemampuan spasial yang lebih baik, kaum pria dapat secara akurat menggambarkan hal-hal seperti bentuk, geografi, dan proporsi dengan lebih baik.
5.    Koordinasi antara mata dan tangan yang bagus
6.    Pria melihat lebih baik dalam cahaya yang terang
7.    Tidak berpikir secara umum
8.    Bereaksi lebih lambat terhadap rasa sakit dengan daya tahan yang lebih rendah terhadap rasa sakit berkepanjangan
9.    Mengecap asin lebih baik
10. Memiliki indera penciuman lebih lemah.
11.  Memahami masalah detail dengan lebih baik.
Beberapa hal diatas menggambarkan perbedaan yang dimiliki pria dibandingkan wanita. Terus apa saja masalah umum komunikasi pria terhadap wanita?
Secara keseluruhan, dan tentunya ada banyak pengecualian, pria merasa bahwa:
1.     Menunjukkan perasaan adalah tindakan cengeng
2.    Mereka harus selalu tampak berani
3.    Orang lain tidak tertarik dengan masalah mereka
4.    Wanita selalu mengkritik mereka
5.    Wanita berusaha mengubah pria
6.    Wanita tidak menghargai solusi yang pria tawarkan.

Bagaimana masalah-masalah di atas bisa terjadi?
          Biasanya pria dihargai karena kekuatan dan keterampilan yang mereka miliki. Hal ini turut berarti bahwa mereka ingin mencapai hasil dengan kekuatan mereka sendiri. Oleh karena itu, mereka menganggap bahwa meminta pertolongan adalah tanda kelemahan. Jadi, jika seorang pria akhirnya benar-benar meminta tolong, maka itu menunjukkan sebuah penghargaan dan bahwa ia memang mencari sebuah solusi.
          Masalah muncul saat pria berbicara dengan wanita. Wanita sering ingin di dengar dan tak terlalu membutuhkan solusi. Mereka ingin perasaan mereka dihargai dan diakui. Jadi, saat pria memberikan solusi, pada akhirnya pria dan juga wanita akan kecewa. Pria merasa terluka jika solusi ditolak, dan wanita akan merasa demikian karena perasaan mereka tidak dipahami.
          Pria cenderung melakukan tindakan menyerang jika wanita menawarkan saran. Mereka memandang hal ini sebagai bentuk kekurang percayaan. Wanita mencoba menggunakannya sebagai keintiman untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat. Sayangnya, hal tersebut justru membuat pria merasa tidak kompeten.
          Bagi pria, objek dan benda merupakan hal-hal yang lebih penting daripada hubungan dan perasaan, sesuatu yang berkebalikan dengan wanita.

Apa solusinya?
       Bagi kaum pria, mulailah untuk menerima bahwa:
1.     Membuat kesalahan adalah hal yang lumrah.
2.    Wajar saja jika tidak memiliki semua jawaban.
3.    Boleh-boleh saja mengatakan, “Aku ingin sendiri dulu.”
4.    Memerlukan keintiman dan otonomi? Tak ada yang melarang.
5.    Dalam suatu hubungan, pria mundur dan kemudian mendekat.
6.    Pria perlu merasa bebas.
7.    Wanita suka mendengar pria mengatakan, “Maafkan aku” saat terjadi masalah diantara mereka. Wanita memandangnya sebagai bentuk perhatian.

“ Seorang pria merasa utuh saat mengerjakan detail penyelesaian sebuah masalah”

“Seorang wanita merasa utuh saat membicarakan detail masalahnya”.
(John Gray)

          Nah, sahabat SMILE, sampai disini dulu  artikel mengenai komunikasi pria. Semoga bermanfaat yah,,,
Referensi: Men’s Health 2009


2 komentar: